Kamis, 28 April 2011

PROGRAM LPDM MASUK BOLMONG

PEMERINTAH KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW
SEKRETARIAT DAERAH
BAGIAN HUBUNGAN MASYARAKAT
Jln. Brigjen Katamso No. 431 Telp. (0434) 21956 Fax. 22001 Kotamobagu 95711


PREES REALEASE
No. 072/10/IV/2011

PROGRAM LPDM
MASUK BOLMONG\\\\

150 JUTA UNTUK
SATU GAPOKTAN////


BOLAANG MONGONDOW, KAMIS, 28 APRIL 2011
BADAN Ketahanan Pangan (BKP) Kabupaten Bolaang Mongondow terus memantapkan program ketahanan pangan. Program yang sedang digenjot, yakni ketahanan pangan yang berhubungan dengan ketersediaan pangan masyarakat, pertumbuhan dan pengembangan pangan masyarakat, dan kemandirian pangan masyarakat.
Menurut Kepala BKP Bolmong Rusdin Manggopa, program ini merupakan program Pemerintah Pusat melalui Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM) dengan dana berasal dari bantuan sosial APBN, serta pendamping dari Pemkab Bolmong. Bahkan 2010 lalu, Bolmong kebagian 10 gabungan kelompok tani (Gapoktan). ‘’Mereka (para Gapoktan, red) masing-masing menerima Rp150 juta,’’ kata Rusdin, melalui relis ke Bagian Humas Bolmong, Kamis (28/4), siang kemarin.
Rusdin menambahkan, pada tahun 2011 ini diusulkan 4 Gapoktan untuk menerima dana LDPM, namun hanya 2 yang positif terakomodir. Apalagi dalam waktu dekat dana tersebut sudah akan dikucurkan. Program ini nantinya untuk distribusi bahan pangan, jual beli, dan pendirian gudang, sehingga setiap desa diharapkan tidak mengalami kerawanan pangan. ‘’Jadi semuanya dari, oleh dan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat di pedesaan,’’ kata mantan Kadisperindag Bolmong itu.
Bupati Bolmong Ny Hj Marlina Moha Siahaan melalui jubir Pemkab Bolmong Hj Sitti Rafiqah Bora SE membenarkan bila program LDPM sedang dijalankan oleh BKP. Namun, diharapkan program tersebut dapat berjalan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan, serta jelas siapa yang menjalankan program itu. ‘’Kita melihat asas manfaatnya,’’ kata Rafiqah, diiyakan Asisten III Drs Hi Farid Asimin MAP dan Sekda Bolmong Drs Hi Ferry L Sugeha ME.
Di sisi lain, Sekretaris BKP Bambang Mamonto mengatakan, tim teknis Kabupaten mengawasi sejauh mana hasil/perkembangan melalui kontak SMS kre pusat atau SMS Center dan ada laporan tertulis bulanan dari masing-masing Gapoktan. Juga Bambang mengimbau saat ini karena cuaca yang mendukung merupakan kesempatan untuk pengelolaan lahan pertanian dan hasil panen jangan langsung dijual atau tunda penjualan. Hal ini agar tidak terjadi kelangkaan bahan makanan pokok. ‘’Juga penganekaragaman bahan pangan jangan terfokus pada beras,’’ kata Bambang. ‘’Memang saat ini Bolaang Mongondow masih surplus beras, tetapi masyarakat tetap waspada,’’ tambah Syahril Mokoagow, salah satu Kepala Bidang di BKP Bolmong.

===Inilah Kecamatan Penerima LDPM Bolmong===
1. Wilayah Dumoga Barat 2 Gapoktan
2. Wilayah Dumoga Timur 1 Gapoktan
3. Wilayah Lolayan 4 Gapoktan
4. Wilayah Passi Timur 1 Gapoktan
5. Wilayah Bilalang 1 Gapoktan
6. Wilayah Lolak 1 Gapoktan

Sumber: BKP Bolmong\\\

Demikian Pemberitaan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow.

Kepala Bagian
Hubungan Masyarakat
Setda Kabupaten Bolaang Mongondow




SITTI RAFIQAH BORA, SE
NIP : 19700903 199903 2 002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar