Minggu, 20 Februari 2011

MMS MAULID BERSAMA BKMT, NON MUSLIM BERBAUR

PEMERINTAH KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW
SEKRETARIAT DAERAH
BAGIAN HUBUNGAN MASYARAKAT
Jln. Brigjen Katamso No. 431 Telp. (0434) 21956 Fax. 22001 Kotamobagu 95711


PREES REALEASE
No. 025/10/II/2011

MMS MAULID BERSAMA BKMT, NON
MUSLIM BERBAUR


BOLAANG MONGONDOW, SELASA, 15 FEBRUARI 2011

MOMEN perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW (12 Rabiul Awal 1432 H) di Kabupaten Bolmong (Bolaang Mongondow), Selasa (15/2), kemarin, berlangsung meriah. Perayaan hari besar keagamaan itu dipusatkan di Lapangan Tobanon Desa Tungoi II, Kecamatan Lolayan.
Maulid Nabi Muhammad SAW yang diirangkaikan dengan Tabliq Akbar dan dzikir itu dilaksanakan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) bekerjasama dengan PHBI (Panitia Hari-hari Besar Islam) Bolmong. Kegiatan yang bertema Dengan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW 1431 H/2111 M Kita Mantapkan Persatuan dan Kesatuan Demi Terwujudnya Bolaang Mongondow Baru, Yang Bersatu, Berbudaya, Berdaya Saing, Maju dan Mandiri, selain dihadiri BKMT di 12 Kecamatan se Bolmong, juga umat Kristiani sekaligus tokoh agama (tokag) non muslim.
Menurut Ketua Panitia Maulid Nabi Muhammad SAW Ny Hj Masita Laute-Laloma Spd, kegiatan ini untuk membangun kebersamaan dan kekompakan antar sesama pengurus BKMT, sekaligus menindaklanjuti seluruh program BKMT. ‘’Kami juga sangat senang karena bunda bupati (Bupati Bolmong Ny Hj Marlina Moha Siahaan, red) bersama-sama dengan BKMT, kami ikhlas menerima bunda dan rombongan,’’ kata Hajjah Masita, didampingi panitia Saleha Wuse, kemarin.
Di tempat terpisah, Sangadi Tungoi II Agusrani Imban mengatakan, pihaknya sangat senang karena menjadi tuan rumah kegiatan ini. Apalagi dihadiri bupati, wakil bupati, muspida, dan sejumlah SKPD, termasuk unsur tripika. ‘’Membuat kami senang karena panitia turut mengundang tokoh agama non muslim dan jemaatnya. Mereka (umat non muslim) yang datang ini selain tokoh agama kecamatan Lolayan, juga warga jemaat di dusun III desa kami ini (Desa Tungoi II/Lolayan, red) yang sekira 300 jiwa, sebaliknya juga bila perayaan keagaaman mereka kami juga turut hadiri,’’ urainya.
Menurut Camat Lolayan, Drs Revanny Paputungan, warga se Lolayan sangat antusias menyambut kedatangan bupati dan rombongan. Apalagi menghadiri perayaan maulid nabi. ‘’Sebelum dan sesudah acara ini kami unsur tripika (Koramil Lolayan, Mapolsek, dan Kecamatan, red) sudah berkoordinasi untuk menjaga kamtibmas,’’ kata Revanny.
Ceramah ustads Hi Jusuf Dani Pontoh MHI sangat di respec warga. Singkat kata, ustads yang humoris ini memaknai maulid sebagai satu symbol kebersamaan, persaudaraan dan cinta kasih. Apalagi dalam surat At-Tin, ayat satu sampai dengan ayat enam menyebutkan bahwa, demi (buah Tin dan (buah) Zaitun, demi gunung sinai, dan demi negeri (Mekkah) yang aman ini, sungguh, kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya, kemudian kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya, dan kecuali orang-orang yag beriman dan mengerjakan kebajikan, maka mereka akan mendapat pahala yang tidak ada putus-putusnya. ‘’Ayat ini jelas menjelaskan soal berbuat kebajikan sesama umat manusia. Juga, mari kita satu dalam kebersamaan untuk molintak kon Totabuan (kebersamaan menginjakkan kaki di Bolaang Mongondow alias Bumi Totabuan, red),’’ urainya disela-sela ceramah.
Ia menambahkan, sebagai umat manusia jangan senang melihat orang lain itu susah, tetapi ada dalam qolbu (hati) yang mana senang melihat orang lain senang dan susah melihat orang lain susah. ‘’Dan ini yang diajarkan rasulullah kepada umatnya,’’ pesannya.
Bupati Bolmong Ny Hj Marlina Moha Siahaan sebelum memberikan sambutan, terlebih dahulu memberikan hadiah selendang ala makkah al mukarramah. Selendang tersebut diberikan kepada Ny H Mokodompit (58) yang tertua diacara itu. ‘’Insyah Allah selendang ini akan bisa bermanfaat dan tentunya hatinya juga ikhlas menerima selendang ini,’’ kata Hajjah Marlina, kemarin. ‘’Syukur moanto’ (terima kasih) bunda (Hj Marlina Moha Siahaan, red),’’ sambung Ny Mokodompit itu.
Ba’ai Queenarra –begitu Marlina Moha Siahaan disapa-, dalam sambutan menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada peserta yang hadiri, terutama keluarga besar BKMT (Badan Kontak Majelis Taklim) se Bolmong. Sebagai kepala pemerintahan, kata Hajjah Marlina, berbuat untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat, itu yang paling utama. ‘’Kita juga harus mengambil hikmah dari ceramah tadi bahwa intinya kita harus bersabar, bertawakal, cerdas dan saling mencintai, serta selalu membawa hati yang ikhlas,’’ katanya.
Ditambahkannya juga, ungkapan terima kasih yang tak terhingga kepada kaum perempuan alias kaum hawa yang dengan ketulusan hati bisa berkumpul dilokasi ini dalam momen kebersamaan merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW. ‘’Kaum perempuan dari lubuk hati yang paling dalam syukur moanto dan terima kasih yang sebesar-besarnya karena kalian tetap cinta bunda dan ikhlas membantu bunda,’’ kata MMS, didampingi Kabag Humas Bolmong Hj Sitti Rafiqa Bora, SE.
Dalam acara tersebut dihadiri unsur muspida (musyawarah pimpinan daerah), sejumlah pimpinan SKPD, tokmas (tokoh masyarakat), tokag (tokoh agama), BKMT (Badan Kontak Majelis Taklim) se Bolmong. Mereka diantaranya, Wakil Bupati Bolmong Drs Hi Sehan Mokoapa Mokoagow MAP, Ketua DPRD Bolmong Hi Abdul Kadir Mangkat, SE, Ketua Pengadilan Negeri (KPN) Kotamobagu Didik Wuryanto SH, M.Hum, Kepala Kantor Kementerian Agama Bolmong Hi Subekti Ali, SE, Asisten I (Pemerintahan) Bolmong Lutfi Limbanadi SH, Asisten III (Administrasi dan Keuangan) Drs Hi Farid Asimin MAP, Kadis Perhubungan Bolmong dan Kominfo Ir Moh Yudha Rantung, Kadis Sosial Bolmong Abdul Haris Djaman SH, Kadis Kependudukan dan Capil Bolmong Drs Teddy Makalalag, Kepala BKD Bolmong Drs Hi Mitran Tuna, Kadis Pariwisata Bolmong Djouhari Damopolii SH, dan Kadis Pendidika Bolmong Dra Hj Ulfa Paputungan yang juga Ketua BKMT Bolmong.

Demikian Pemberitaan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow.


Kepala Bagian
Hubungan Masyarakat
Setda Kabupaten Bolaang Mongondow




SITTI RAFIQAH BORA, SE
NIP : 19700903 199903 2 002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar