Senin, 07 Februari 2011

MEMERIAHKAN TULUDE, MMS DISAMBUT TARIAN GUNDE

PEMERINTAH KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW
SEKRETARIAT DAERAH
BAGIAN HUBUNGAN MASYARAKAT
Jln. Brigjen Katamso No. 431 Telp. (0434) 21956 Fax. 22001 Kotamobagu 95711



PREES REALEASE
No. 021 /10/I/ 2011

MEMERIAHKAN TULUDE, MMS DISAMBUT
TARIAN GUNDE

BOLAANG MONGONDOW, SENIN, 07 FEBRUARI 2011

SUASANA kekeluargaan dan kebersamaan sangat jelas terlihat ketika Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Ny Hj Marlina Moha Siahaan (MMS) menghadiri perayaan Tulude, Kegiatan Olahraga, dan Dirangkaikan Dengan Penggalangan Dana Dalam Rangka Kontinuitas Pembangunan Gedung Gereja Jemaat Gereja Masehi Injili Bolaang Mongondow (GMIBM) ‘’Nazaret’’ Pasir Putih, Desa Pasir Putih, Kecamatan Sang Tombolang, Minggu (6/2).
Menggembirakan lagi, jemaat anggota Persatuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) wilayah Buntalo itu sebelum MMS masuk ke lokasi tersebut terlebih dahulu disambut dengan tarian Gunde atau tarian penjemputan tamu, yang mana setiap ada perayaan Tulude selalu ditampilkan tarian seperti itu (biasanya penjemputan raja-raja, termasuk penjemputan Bupati Bolmong Ny Hj Marlina Moha Siahaan).
Penjemputan secara adat Nusa Utara itu (Sangihe-Talaud) dipimpin langsung Alfrets Makawekes yang juga tokoh masyarakat (tokmas) Sang Tombolang. Seorang Alfrets ini dipercayakan juga sebagai tokmas pemotong kue tamo (adat Sangihe-Talaud). ‘’Kami sangat bersyukur dengan hadirnya Bunda Pembaharu Pembangunan Tanah Totabuan ini yang tidak pernah memandang dari suku dan golongan manapun. Apalagi menghadiri perayaan seperti ini (perayaan Tulude, red),’’ ungkap Alfrets, diiyakan Ketua Panitia Lettu Infantri Zeth Tahapari dan Sekretaris Pnt (Pena Tua) ND Singkilaja.
Di tempat terpisah, Sangadi Pasir Putih Albert Waroka, atas nama masyarakat se Pasir Putih menyampaikan ucapan banyak terima kasih kepada pemerintah yang atas ketulusan dan keikhlasan hati datang memenuhi undangan warga jemaat Pasir Putih. Terlebih khusus sukur moanto’ (terima kasih) kepada Bupati Hj Marlina Moha Siahaan. ‘’Ibu kami (Bupati Bolmong Ny Hj Marlina Moha Siahaan, red) sangat peduli rakyat, terutama rakyat yang ada di desa kami ini,’’ aku Albert didampingi Sekdes Admonimus Tonis.
Camat Sang Tombolang Imran Nantudju SP mengatakan, kedatangan Bupati ke wilayah ini tidak hanya dihadiri jemaat Nazaret Pasir Putih, tetapi jemaat tetangga, seperti jemaat Batu Merah, Pangi dan jemaat Bolangat, serta perwakilan jemaat se Sang Tombolang. ‘’Masyarakat juga selama kegiatan dapat dan tetap menjaga keamanan dan ketertiban. Apalagi kegiatan ini merupakan ucapan syukur telah lewatnya tahun sebelumnya (2010) dan melangkah ke tahun yang baru (tahun 2011),’’ ungkap Imran diaminkan Ketua Badan Pekerja Wilayah Buntalo Pdt V CH M Kumakauw STh.
Sementara itu, Bupati Bolmong Ny Hj Marlina Moha Siahaan dalam sambutan kembali menyampaikan pesan perdamaian. Bunda MMS, berpesan untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan, serta menjaga kebersamaan dan kekompakan. ‘’Marilah kita jadikan pilkada ini pilkada yang damai,’’ pesannya.
Hajjah MMS kembali menambahkan, terima kasih kepada seluruh masyarakat se jemaat Sang Tombolang yang secara ikhlas menerima kehadiran rombongan pemerintah ini. ‘’Trima kasih atas jemputan warga disini,’’ kata Bupati Marlina.
MMS Kunjungi Keluarga Berduka
Sementara itu, di hari yang sama Bupati Bolmong Ny Hj Marlina Moha Siahaan (MMS) berkunjung ke rumah keluarga yang berduka di Desa Poigar I, Kecamatan Poigar. Kehadiran MMS ini rangkaian pelaksanaan tujuh hari/tujuh malam (adat dikalangan umat Islam) atas meninggalnya Almarhumah Rante Mokodompit (80) yang juga tokoh perempuan Poigar itu.
Kunjungan ini mendapat sambutan yang sangat baik dari keluarga, termasuk tokoh-tokoh masyarakat desa tetangga (Poigar II da Poigar III) yang langsung datang berjabat tangan dengan MMS. ‘’Kami senang karena bupati (Ny Hj Marlina Moha Siahaan, red) setiap ada hajat hidup maupun hajat mati selalu pro aktif, beliau juga sangat dermawan,’’ puji Efendi Mokodongan (43) dan Imran Mokodompit (35), warga Poigar I, kemarin.
Menurut Kabar Humas Bolmong Hj Sitti Rafiqa Bora, SE, kunjungan Bupati Bolmong Ny Hj Marlina Moha Siahaan ke seluruh kecamatan merupakan kunjungan silaturahmi. Apalagi melihat langsung program pemerintahan, kemasyarakatan dan pembangunan. ‘’Beliau sangat peduli rakyatnya, sehingga selalu berkunjung ke rumah warga di 12 kecamatan baik itu hajat hidup maupun hajat mati beliau selalu ikhlas datang,’’ kata Hajjah Rafiqa, kemarin.
Dalam kunjungan tersebut, Bupati MMS turut didampingi Ketua DPRD Bolmong Hi Abdul Kadir Mangkad, muspida dan sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Caption foto mms 01, BERI PENCERAHAN: Tokoh agama Bolmong Hi Amir Agoan memberikan taujiah di rumah duka. Ceramah ini turut memberikan semangat agar keluarga yang ditinggalkan bisa tabah dan sabar menghadapi cobaan. (foto humas)

Caption foto mms 02, PENUH KHARISMA: Bupati Bolmong Ny Hj Marlina Moha Siahaan terlihat enjoy ketika bertemu dengan warga Pasir Putih Sang Tombolang. Apalagi ketika bupati menyanyikan lagu rohani Indah Rencanamu Tuhan. (foto humas)

Caption foto mms,03, DIKERUMUNI WARGA: Bupati Bolmong Ny Hj Marlina Moha Siahaan dikerumuni warga saat menghadiri perayaan Tulude di GMIBM Nazaret Pasir Putih, Kecamatan Sang Tombolang, Minggu (6/2). (foto humas)

Caption foto mms 04, PENUH KEBERSAMAAN: Bupati Bolmong Ny Hj Marlina Moha Siahaan bersama warga jemaat Pasir Putih terlihat dalam suasana kebersamaan dan kekeluargaan. Tampak Bunda Bupati terlihat enjoy. (foto humas)

Demikian Pemberitaan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow.


Kepala Bagian
Hubungan Masyarakat
Setda Kabupaten Bolaang Mongondow




SITTI RAFIQAH BORA, SE
NIP : 19700903 199903 2 002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar