Selasa, 01 Februari 2011

MMA DISAMBUT ADAT SANGIHE, BERI PESAN PERDAMAIAN

PEMERINTAH KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW
SEKRETARIAT DAERAH
BAGIAN HUBUNGAN MASYARAKAT
Jln. Brigjen Katamso No. 431 Telp. (0434) 21956 Fax. 22001 Kotamobagu 95711


PREES REALEASE
No. 014 /10/I/ 2011

DARI PERAYAAN TULUDE DI LOLAK
MMS DISAMBUT ADAT SANGIHE, BERI PESAN PERDAMAIAN


BOLAANG MONGONDOW, SELASA, 01 FEBRUARI 2011

SECARA perlahan-lahan mobil dinas Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Ny Hj Marlina Moha Siahaan (MMS) bersama rombongan menyusuri pinggir jalan Lalow, Desa Lalow Kecamatan Lolak di sebuah kawasan pusat pemerintahan Bolmong. Hari sudah malam, jam menunjuk pukul delapan malam, mobil pun berhenti di pinggir jalan.
Dari dalamnya keluar srikandi Totabuan (Ny Hj Marlina Moha Siahaan) disertai rombongan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Rombongan pun yang tiba Senin (31/1) malam itu disambut warga Sangihe. Mereka menyambut MMS dan rombongan dengan tarian sekaligus Adat Sangihe.
Warga yang menyemut di lokasi itu melihat dari dekat sosok Bunda Pembaharu Pembangunan itu, sekaligus mendengarkan sambutan MMS. Apalagi membuka secara resmi ajang daerah Lomba Tulude itu. ‘’Trima kasih atas jemputan ini,’’ kata Bupati Marlina mengawali sambutan.
Baai Queennara –begitu Ny Hj Marlina Moha Siahaan disapa, tidak lupa kembali memberikan pesan perdamaian. Intinya, saat ini, katanya proses tahapan pilkada Bolmong telah dimulai olehnya dihimbau kepada masyarakat untuk menjaga Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). ‘’Harus kita jaga bersama-sama demi suksesnya pelaksanaan Pemilukada di Bolmong,’’ pesannya, didampingi jubir Pemkab Hj Rafiqa Bora.
Sementara itu, Ketua Panitia Emor Rentenbala, mengatakan acara tulude atau Tolak Taong semacam ini merupakan acara adat Suku Nusa Utara (Sangihe-Talaud) yang rutin digelar setiap tahun diakhir bulan Januari atau 31 Januari tahun berjalan. Juga dimeriahkan lomba masamper dan pesertanya desa/kelurahan di Kabupaten Bolmong. ‘’Acara tulude ini dilaksanakan sebagai ajang pertemuan untuk memantapkan tali silaturahmi antara keluarga besar masyarakat Suku Sangihe di Bolmong dan menjaga melestarikan budaya suku Sangihe yang dibanggakan,’’ ungkap Emor diiyakan tokmas Sangihe Niklas Makikehang dan Ketua Acara Tulude Jemaat Immanuel Lalow Emor Rentembala.
Informasi dari Camat Lolak Ny Hj Farida Mooduto Spd dan Sekcam Linda Lahamesang, keluar sebagai Juara 1 Group Masamper utusan Desa Katulidan, Juara 2 Kelurahan Inobonto, dan Juara 3 group masamper dari Desa Buntalo Induk. Ketua Panitia Emor Rentenbala. ‘’Sangat bersyukur karena acaranya berjalan ama, tertib dan lanjar. Juga berkat bantuan teman-teman tripika (Polsek dan Koramil Lolak, red),’’ kata Camat Farida, sore kemarin.

Demikian Pemberitaan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow.


Kepala Bagian
Hubungan Masyarakat
Setda Kabupaten Bolaang Mongondow




SITTI RAFIQAH BORA, SE
NIP : 19700903 199903 2 002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar