Kamis, 19 Mei 2011

Lapadengan Minta Gedung Baru Dipercepat

PEMERINTAH KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW
SEKRETARIAT DAERAH
BAGIAN HUBUNGAN MASYARAKAT
Jln. Brigjen Katamso No. 431 Telp. (0434) 21956 Fax. 22001 Kotamobagu 95711


PREES REALEASE
No. 085/10/V/2011

Lapadengan Minta Gedung Baru
Bupati Dipercepat\\\\

Berkeinginan Ditempati Sebelum
Bupati Definitif////

BOLAANG MONGONDOW, KAMIS, 19 MEI 2011
BOLMONG----Penjabat (Pj) Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Hi Gun Lapadengan SH sejak dilantik Gubernur Sulut Dr SH Sarundajang 5 Mei lalu, tak pernah berhenti menjalankan tugas pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan.
Tak hanya melakukan sidak secara maraton ke seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Kantor Kecamatan di 12 Kecamatan, tetapi turut menfasilitasi proses pelantikan kepala daerah definitif, yakni Bupati Hi Salihi Mokodongan dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk.
Bahkan sambil menunggu proses pelantikan itu, Pj Gun Lapadengan pada Rabu (18/05), sempat mengunjungi Pembangunan Kantor Bupati di Desa Lalow Kecamatan Lolak. Dalam kunjungan tersebut Lapadengan didampingi sejumlah petinggi SKPD Bolmong. Mereka diantaranya, Asisten II Bidang Administrasi Pembangunan, Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat Ir Hi Djakia Mokodongan MAP, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penanaman Modal dan Statistik (BP3MS) Drs Hi Jainudin Damopolii, Kadis Pekerjaan Umum, Perumahan dan Sumber Daya Air Ir Dadang Nugroho, Kabag Administrasi Pembangunan dan Ekonomi Drs Eka P Korompot MSi, Kabid Cipta Karya PU, Perumahan dan SDA Bolmong Aminulah Laloman, dan Kabag Humas Hj Sitti Rafiqah Bora SE. ‘’Saya berkeinginan gedung baru ini (Kantor Bupati Bolmong, red) ditempati sebelum adanya kepala daerah dan wakil kepala daerah definitif,’’ kata Pj Bupati Bolmong Hi Gun Lapadengan SH disela-sela kunjungan Gedung Baru Kantor Bupati, Rabu (18/5).
Tugas penjabat bupati, menurut Lapadengan, waktunya sangat terbatas. Mendagri Gamawan Fawzi dan Gubernur Dr SH Sarundajang hanya memberikan kesempatan paling lama 1 tahun. ‘’Tapi saya bertekad dan berniat untuk tidak mau menunggu waktu yang begitu lama, tetapi saya akan lakukan roda pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di daerah ini dalam waktu yang sesingkat-singkatnya,’’ katanya.
Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Sulut itu kembali menjelaskan, ada beberapa tugas penting yang harus dikerjakan sesuai yang diamanahkan Kemendagri dan Pemprov Sulut. Tugas itu, diantaranya menjalankan tugas pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan dengan baik dan turut memfasilitasi pelaksanaan pelantikan Bupati Definitif Hi Salihi Mokodongan dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk. ‘’Saya berharap tugas yang sesingkat-singkatnya ini mendapat bantuan seluruh stake holder di Bolmong (seluruh komponen, red), lebih khusus bantuan SKPD, camat dan sangadi. Mari kita sama-sama menyatukan hati dan pikiran secara ikhlas dan tulus agar tugas mulia ini akan berjalan dengan baik. Tentunya juga saya akan selalu dalam koridor aturan dan perundang-undangan yang berlaku,’’ ungkap Lapadengan.
Mantan Kadispenda (sekarang DPPKAD) Bolmong itu dihadapan aparat pemerintah desa dan kecamatan se Kecamatan Lolak, menyinggung sedikit proses pelantikan. Menurutnya, tim yang ditunjuk untuk memproses pelantikan kepala daerah sudah jalan. Bahkan proses berkasnya sudah masuk ke meja Tata Usaha Pimpinan (TUP) Provinsi Sulut. Artinya berkasnya sudah di Kantor Gubernur Sulut. ‘’Nantinya setelah mendapat respon Pak Gubernur (Gubernur Sulut Dr SH Sarundajang, red), serta secara teknis memenuhi persyaratan maka melalui Biro Pemerintahan dan Humas Provinsi akan dibawa ke Gedung Kementerian Dalam Negeri di Jakarta untuk proses penerbitan SK, termasuk saya juga didalamnya. Apalagi saya masih menjabat kesbangpollinmas,’’ urainya.
Lapadengan juga memberikan tugas kepada Dinas PU, Perumahan dan Sumber Daya Air, untuk segera menata dari ruangan ke ruangan Kantor Bupati yang berlantai tiga itu. Menurut Lapadengan, bisa diatur agar pelayanan kepada masyarakat bisa berjalan dengan baik. Misalnya lantai I, hanya khusus keasistenan I Bidang Pemerintahan, begitu juga lantai II hanya khusus keasistenan II Bidang Administrasi Pembangunan, Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat. Sedangkan lantai III khusus untuk keasistenan III Bidang Adminsitrasi Umum, dan seterusnya. ‘’Ini penting dilakukan agar pelayanan lebih cepat, tepat sasaran, dan mudah. Bisa juga diatur mana-mana SKPD yang bisa masuk ke gedung Kantor Bupati ini, bisa DPPKAD dan BKD. Khusus Tata Usaha Pimpinan juga ruangannya jangan jauh-jauh dari ruang kerja bupati, wakil bupati, dan sekda karena jelas tupoksinya,’’ ungkapnya.
Dalam kunjungan kerja Pj Bupati Lapadengan tersebut, selain melihat Kantor Bupati, juga melihat Gedung Kantor DPRD Bolmong yang tidak jauh dari Kantor Baru Bupati tersebut. ‘’Insyah Allah, kontraktor bisa mempercepat proses penyelesaian pekerjaan, partisipasi aktif kontraktor sangat dibutuhkan,’’ katanya.
Senada dikatakan jubir Pemkab Bolmong Hj Sitti Rafiqah Bora, SE. Menurutnya, persoalan yang paling mendasar di gedung baru adalah air dan listrik. Namun, khusus air akan diupayakan secepatnya. Bahkan rencananya sebelum akhir bulan Mei ini airnya sudah mengalir. Apalagi bak penampungan air sudah ada, termasuk akan menyediakan 2 unit menara air. ‘’Pak Bupati juga (Penjabat Bupati Bolmong Hi Gun Lapadengan SH, red) berharap TNI dan Polri turut menjaga kamtibmas di wilayah Lolak, termasuk keterlibatan Polsek dan Koramil,’’ sambung Rafiqah. ‘’Untuk mengatasi krisis air kami juga bakal gunakan sumur bor,’’ sambung Kabid Cipta Karya Aminulah Laloman.
Sementara itu, dalam kunjungan ke Gedung Baru Kantor Bupati, Penjabat Bupati Bolmong Hi Gun Lapadengan SH juga didampingi Camat Lolak Hj Farida Mooduto Spd, Dandramil Lolak Kapten Infantri Sirmadi, dan Kapolsek Lolak diwakili Kasie Humas Aiptu Hol Densa M.

Demikian Pemberitaan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow.

Kepala Bagian
Hubungan Masyarakat
Setda Kabupaten Bolaang Mongondow




SITTI RAFIQAH BORA, SE
NIP : 19700903 199903 2 002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar