Rabu, 04 Mei 2011

KADO TERINDAH MMS BUAT SANGADI

PEMERINTAH KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW
SEKRETARIAT DAERAH
BAGIAN HUBUNGAN MASYARAKAT
Jln. Brigjen Katamso No. 431 Telp. (0434) 21956 Fax. 22001 Kotamobagu 95711


PREES REALEASE
No. 078/10/V/2011

KADO TERINDAH MMS
BUAT SANGADI\\\\

20 SANGADI DESA PERSIAPAN
SAH KANTONGI SK////


BOLAANG MONGONDOW, RABU, 04 MEI 2011
SUASANA kebersamaan dan kekeluargaan sangat jelas terlihat dalam acara puncak peresmian Desa Persiapan, Pelantikan Penjabat Sangadi Desa Persiapan, Penjabat Sangadi Desa Definitif dan Sangadi Hasil Pemilihan di Gedung Serbaguna Bobakikan Kotamobagu, Rabu (4/5), kemarin.
Selanjutnya, sebanyak 20 Sangadi diangkat sebagai Penjabat Sangadi Desa Persiapan di Kecamatan Dumoga Barat, Dumoga Utara , Poigar, Passi Barat dan Sangtombolang, termasuk pembentukan 20 desa persiapan di kecamatan Dumoga Barat, Dumoga Utara, Poigar, Passi Barat dan Sangtombolang (selanjutnya, lihat grafis).
JARUM jam di tangan menunjukkan pukul 09.00 Wita, saat mobil dinas bupati ber-AC tiba di Halaman Parkir Gedung Bobakidan, Rabu kemarin. Begitu pintu terbuka, Hj Marlina Moha (MMS) Siahaan, Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) melangkahkan kaki masuk ke ruang acara di lantai dua.
Top eksekutif Bolmong itu langsung disambut warga, tripika, tokoh masyarakat, tokoh agama, pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah yang dahulunya Muspida, dengan suka cita yang menyemut di gedung tersebut. Setelah kata demi kata yang disampaikan Master Of Ceremony (MC), tibalah pada acara puncaknya, yakni pemberian Surat Keputusan (SK) Bupati. SK tersebut masing-masing SK Bupati Nomor 77 Tahun 2011 Tentang Pengangkatan Penjabat Sangadi Desa Persiapan Di Kecamatan Dumoga Barat, Dumoga Utara, Poigar, Passi Barat dan Sangtombolang dan SK Bupati 76 Tahun 2011 Tentang Pembentukan Desa Persiapan Di Kecamatan Dumoga Barat, Dumoga Utara, Poigar, passi Barat dan Sangtombolang. ‘’Kami senang karena bunda (Bupati Bolmong Ny Hj Marlina Moha Siahaan, red) sangat peduli kepada kami, beliau kami jadikan teladan. Apalagi boleh dibilang sosok pemberi inspirasi dan pemberi fighting spirit (semangat juang, red),’’ bisik sejumlah sangadi di momen itu.
Ada beberapa poin penting yang disampaikan MMS, tetapi yang paling terpenting menurutnya, para Sangadi yang baru saja dilantik, bahwa sebagai Aparatur Pemerintah, yang mengabdi untuk kepentingan masyarakat dan kemajuan daerah pada umumnya, hendaknya memahami dan mendalami tugas dan tanggung jawabnya, dengan senantiasa memampukan diri dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di desa masing-masing. ‘’Hidupkan semangat gotong-royong, serta ciptakanlah suasana yang kondusif dan dinamis ditengah-tengah masyarakat,’’ katanya.
Bupati MMS menambahkan, kepada keluarga dari Sangadi yang baru saja dilantik, MMS meminta untuk senantiasa memahami keberadaan Sangadi sebagai seorang pejabat, dan terutama kepada istri Sangadi, MMS harapkan untuk dapat membantu kelancaran pelaksanaan tugas suami. ‘’Saya ucapkan selamat menunaikan tugas kepada Sangadi yang baru saja dilantik, dan kepada Sangadi yang lama, Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas pelaksanaan tugas dan pengabdian yang telah diberikan selama ini,’’ ungkapnya.
Mama Didi –begitu Marlina Moha Siahaan disapa-, kembali menjelaskan, dalam kesempatan ini juga, beliau berpesan kepada seluruh sangadi untuk lebih bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugas dan menjalankan tugas sesuai peraturan dan perundang-undangan. Juga, berterima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada seluruh Sangadi dan segenap jajaran Pemerintah Desa yang berada di Bolaang Mongondow, setelah selama 5 tahun pada Periode Kedua MMS mengembah amanah sebagai Bupati dan Kepala Pemerintahan, sudah membantu dan mendukung MMS selama ini dan telah bekerja dengan sungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. ‘’Saya melihat para Sangadi dan masyarakatnya pada hakekatnya meskipun tentu ada masalah-masalah yang dihadapi, tetap rukun satu sama lain, memelihara masyarakat yang religius, mempunyai komitmen dalam kemajuan daerah. Ini modal yang luar biasa, kemajemukan yang sering Saya katakan bukan hanya dilihat dari banyak etnis yang ada di Bolaang Mongondow ini, tetapi pola atau cara berpikir juga bagian dari keberagaman, namun Ibu-Bapak, Saudara-saudaraku tetap rukun menjaga persatuan dan kesatuan serta kebersamaan. Tolong pertahankan keadaan seperti ini,’’ bebernya.
Di akhir sambutan MMS mengatakan, memang tinggal sehari lagi kepemimpinannya selaku Bupati dan Kepala Pemerintahan akan berakhir. Namun, menurut MMS, penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan tetap berjalan. Kontinuitas program dan kegiatan tetap jalan, untuk itu, lanjutkan terus program dan kegiatan yang ada dengan lebih baik lagi. ‘’Demikianlah hal-hal yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan ini, dengan semangat Mototompiaan, Mototabian, bo Mototanoban yang dibingkai oleh sifat Mooaheran, Mobobangkalan bo Mobobahasaan, dibawah naungan dan ridho Allah SWT, mari kita wujudkan cita dan citra daerah yang sama-sama kita cintai,’’ urainya.
Ditempat terpisah Kabag Pemerintahan Desa Bolmong Cimmy CF Wua ME mengatakan ada beberapa persyaratan untuk menjadi sangadi. Diantaranya, mampu menyiapkan dan menyediakan kantir desa, lengkap dengan sarana dan prasarana, mampu menyiapkan dan menyediakan balai pertemuan umum (balai desa) dan mampu menyusun dan menjalankan administrasi pemerintahan desa dengan baik dan benar. ‘’Jadi, seluruh sangadi harus bekerja sesuai dengan aturan yang ada,’’ pesan Cimmy, kemarin.
Mantan Kabag Pemerintahan Bolmong itu kembali menjelaskan, saat ini Bolmong dari 170 desa dan 2 kelurahan, serta 12 kecamatan, pada Rabu (4/5) kemarin, secara resmi bertambah menjadi 20 desa persiapan yang baru diresmikan, sehingga jumlah desa dan kelurahan telah bertambah menjadi 190 desa dan 2 kelurahan, yang terintegrasi di 12 kecamatan. ‘’Untuk itu, sebagai bobato (kepala desa, red) mari kita jaga kamtibmas di masing-masing wilayah,’’ pesannya lagi, diiyakan Asisten Pemerintahan Lutfi Limbanadi SH.''Ini kado istimewa bupati buat sangadi,'' sambung Kabag Humas Sitti Rafiqah Bora, SE.
Hadir dalam acara tersebut, diantaranya Ketua DPRD Bolmong Hi Abdul Kadir Mangkat SE, Sekda Bolmong Drs Hi Ferry L Sugeha ME, Asisten I Bidang Pemerintahan Lutfi Limbanadi SH, Asisten II Bidang Administrasi, Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Ir Hi Djakia Mokodongan MAP, dan Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs Hi Farid Asimin MAP, serta petinggi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah yang dahulunya Muspida Bolmong.

===Inilah Nama-Nama Sangadi Yang Dilantik Tahun 2011===
Nama Sangadi Jabatan Lama/Jabatan Baru Kecamatan
1. Jimmi Kowel Tokmas/PSDP Doloduo Dumoga Barat
2. Supardi Rarung Tokmas/PSDP Doloduo II Dumoga Barat
3. Ali Datunsolang Tokmas/PSDP Doloduo III Dumoga Barat
4. Agustina Tundo Tokmas/PSDP Kosio Barat Dumoga Barat
5. Cicilia Isti Sundari Tokmas/PSDP Mopuya Utara I Dumoga Utara
6. Dewa Putu Raka Tokmas/PSDP Mopuya Utara II Dumoga Utara
7. Suradi Tokmas/PSDP Mopuya Selatan I Dumoga Utara
8. I Made Sukarya Tokmas/PSDP Mopuya Selatan II Dumoga Utara
9. Saiful Anam Tokmas/PSDP Tapadaka Timur Dumoga Utara
10. I Wayan Ridwan Tokmas/PSDP Konarom Utara Dumoga Utara
11. Tenni Dg Mapapa Tokmas/PSDP Konarom Barat Dumoga Utara
12. Joudi Paendong Tokmas/PSDP Dondomon Utara Dumoga Utara
13. Ratna Lumintang Tokmas/PSDP Dondomon Selatan Dumoga Utara
14. Pardi Tokmas/PSDP Tumokang Timur Dumoga Utara
15. Nuria Mokodongan Tokmas/PSDP Mondatong Baru Poigar
16. Lexi Massi Tokmas/PSDP Tanjung Mariri Poigar
17. Haris Balik Tokmas/PSDP Nonapan Poigar
18. Leku Popi Hamim Tokmas/PSDP Otam Barat Passi Barat
19. Elias Dame Tokmas/PSDP Pangi Timur Sangtombolang
20. Oksan Horohiung Tokmas/PSDP Bolangat Timur Sangtombolang
Keterangan: Tokmas=Tokoh Masyarakat, dan PSDP=Penjabat Sangadi Desa Persiapan
Sumber: Bagian Pemdes Bolmong\\\\\

===Inilah Pembentukan Daerah
Persiapan di Bolmong===

KECAMATAN DESA YANG DESA INDUK DESA
DIMEKARKAN PERSIAPAN

1. Dumoga Barat Doloduo Doloduo Doloduo I
Doloduo II
Doloduo III
Kosio Kosio Kosio Barat

2. Dumoga Utara Mopuya Utara Mopuya Utara Mopuya Utara I Mopuya Utara II
Mopuya Selatan Mopuya Selatan Mopuya Selatan I Mopuya Selatan II
Tapadaka Utara Tapadaka Utara Tapadaka Timur
Konarom Konarom Konarom Utara
Konarom Barat
Dondomon Dondomon Dondomon Utara
Dondomon Selatan
Tumokang Baru Tumokang Baru Tumokang Timur

3. Poigar Mondatong Mondatong Mondatong Baru
Mariri Lama Mariri Lama Tanjung Mariri
Nonapan I Nonapan I Nonapan

4. Passi Barat Otam Otam Otam Barat


5. Sangtombolang Pangi Pangi Pangi Timur
Bolangat Bolangat Bolangat Timur
Sumber: Bagian Pemdes Bolmong\\\
Demikian Pemberitaan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow.

Kepala Bagian
Hubungan Masyarakat
Setda Kabupaten Bolaang Mongondow




SITTI RAFIQAH BORA, SE
NIP : 19700903 199903 2 002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar