Senin, 02 Mei 2011

HARDIKNAS BERLANGSUNG KHIDMAT

PEMERINTAH KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW
SEKRETARIAT DAERAH
BAGIAN HUBUNGAN MASYARAKAT
Jln. Brigjen Katamso No. 431 Telp. (0434) 21956 Fax. 22001 Kotamobagu 95711


PREES REALEASE
No. 074/10/V/2011

HARDIKNAS BERLANGSUNG
KHIDMAT////

MENDIKNAS: DUNIA PENDIDIKAN MENANTANG.
NAMUN SANGAT MULIA\\\\

BOLAANG MONGONDOW, SENIN, 2 MEI 2011
SUASANA tertib, khidmat, dan sederhana, sangat jelas terlihat dalam perayaan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2011 di Kabupaten Bolaang Mongondow. Ini terlihat Pegawai Negeri Sipil (PNS) menyemut saat melihat atraksi marching band di Halaman Kantor Bupati, Senin (2/05), kemarin.
Kegiatan yang bertema Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Kebangkitan Bangsa, dengan sub tema, Raih Prestasi Junjung Tinggi Budi Pekerti itu, meskipun Inspektur Upacara-nya (Irup) Sekda Bolmong Drs Hi Ferry L Sugeha ME mewakili Bupati Bolmong Ny Hj Marlina Moha Siahaan (MMS), tetapi tidak menyurutkan semangat para Abdi Negara itu untuk mengikuti momen bersejarah itu. ‘’Rasa nasionalisme harus kita tetap jaga, apalagi disaat kita melihat bendera Merah Putih sedang berkibar di udara, terlebih khusus Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional ini,’’ bisik sejumlah PNS yang ikut perayaan Hardiknas itu.
Sekda Ferry yang membacakan sambutan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) RI Mohammad Nuh, mengatakan dalam dunia pendidikan itu, manusia sebagai pemeran utamanya, baik sebagai subyek sekaligus obyek. Hardiknas kali ini juga akan semakin berkualitas dan semakin terbuka aksesnya bagi rakyat Indonesia secara keseluruhan (termasuk Bolmong). ‘’Kita juga ketahui bersama bahwa dalam dunia pendidikan keilmuan sebagai medianya, memanusiakan manusia sebagai salah satu tujuannya, dan kemampuan untuk menjawab berbagai persoalan yang sifatnya kekinian maupun antisipasi masa depan (kenantian, red) sebagai keniscayaannya. Itulah sebabnya mengapa dunia pendidikan itu kompleks, menantang. Namun sangat mulia,’’ ungkapnya.
Menurut Ferri, kompleksitas dan tantangan terus berkembang, seiring dengan perjalanan zaman. Oleh karena itu, lanjut Mantan Kepala Bappeda itu, semua harus secara bersama-sama terus-menerus berikhtiar dengan sungguh-sungguh untuk menanganinya, demi kemulian diri, bangsa, negara dan umat manusia. ‘’Jadi, dengan optimisme yang kuat, kerja keras dan cerdas, serta semangat kebersamaan, Insyah Allah cita-cita mulia itu bisa kita wujudkan,’’ kata Ferry yang membacakan sambutan Mendiknas itu.
Tema yang diangkat dalam Hardiknas kali ini, menurut Ferry, bagian dari refleksi untuk mengingatkan kembali hakikat pendidikan yang telah ditekankan oleh Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantoro. Apalagi beliau adalah bapak membangun daya upaya untuk memajukan budi pekerti (kekuatan batin, karakter), intellect (pikiran) dan jasmani anak didik. ‘’Pendidikan juga memiliki peran penting dan tanggung jawab yang besar untuk menyikapi munculnya perilaku destruktif, anarkis dan radikalisme,’’ katanya.
Mendiknas juga, lanjut Sekda Ferry, mengajak kepada para pemangku kepentingan pendidikan, terutama kepala sekolah, guru, pemimpin perguruan tinggi dan dosen, harus memberikan perhatian dan pendampingan lebih besar kepada peserta didik dalam membentuk dan menumbuhkan pola pikir dan perilaku yang berbasis kasih sayang, toleran terhadap realitas keanekaragaman yang dibenarkan oleh Peraturan dan Perundangan. ‘’Kami juga mulai tahun ajaran ini (Tahun Ajaran 2011/2012, red) pendidikan berbasis karakter kita jadikan sebagai gerakan nasional, mulai dari pendidikan anak usia dini sampai dengan perguruan tinggi, termasuk di dalamnya pendidikan non formal dan informal,’’ ungkapnya. ‘’Majulah dunia pendidikan dan majulah Indonesia,’’ sambung Kabag Humas Bolmong Hj Sitti Rafiqah Bora SE, sore kemarin.
Sementara itu, dalam momen Hardiknas itu dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah yang dahulunya Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) dan sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Diantaranya Kapolres Bolmong Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Enggar Brotoseno SIK, Kepala Pengadilan Negeri (KPN) Kotamobagu Didik Wuryanto, SH, M.Hum , Asisten I Bidang Pemerintahan Lutfi Limbanadi SH, Asisten II Bidang Administrasi Pembangunan, Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat Ir Hi Djakia Mokodongan MAP, dan Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs Hi Farid Asimin MAP.
===Inilah Tujuan Hardiknas RI Tahun 2011===
1.Memperkuat komitmen seluruh pemangku kepentingan pendidikan tentang pentingnya/strateginya pendidikan bagi peradaban dan daya saing bangsa.
2.Pencanangan pendidikan karakter dan gerakan pendidik anak usia dini dalam rangka mempersiapkan 100 tahun Indonesia Merdeka (2045).
3.Mengkomunikasikan/Mensosialisasikan kebijakan dan hasil-hasil pembangunan Pendidikan Nasional.
Demikian Pemberitaan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow.

Kepala Bagian
Hubungan Masyarakat
Setda Kabupaten Bolaang Mongondow




SITTI RAFIQAH BORA, SE
NIP : 19700903 199903 2 002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar